Rabu, 11 Oktober 2017

Ayo Sehat

(Nasehat untuk Diri Sendiri)

Pada tubuh kita, Allah Swt sudah siapkan antibodi yang bisa menangkal berbagai penyakit
yang masuk dan menyembuhkan berbagai penyakit yang sudah terlanjur masuk (auto healing).
Mekanisme auto healing ini juga ditentukan oleh jenis makanan yang masuk ke dalam perut dan pola makan (serta pola puasa) nya.

Kaidah puasa sudah jelas. "Shumu tashihu". Puasalah, maka kamu sehat (puasa itu menyehatkan). Dan untuk jenis makanan dan pola makan, juga jelas panduannya; yang dikonsumsi hanya jenis makanan yang "halalan thayyiban" (halal dan baik bagi tubuh) dan "laa tusrifu" (jangan berlebihan/melampaui yang dibutuhkan oleh tubuh). Sakit itu sebagiannya disebabkan oleh jenis makanan dan pola makan, serta puasa/tidaknya kita. Kesembuhan dan kesehatan juga sebagiannya ditentukan oleh jenis makanan, pola makan, serta puasa.

Lengkapi jenis makanan, pola makan dan puasa dengan "nutrisi otot" (olahraga teratur) dan "refreshing" (istirahat yang cukup). In sya Allah jadi pola hidup yang sehat (healthy life style) dan produktif.

Sempurnakan dengan; "nutrisi hati" (tilawah Al Qur'an dan Dzikrullah), "nutrisi akal" (membaca/menambah ilmu yang bermanfaat), "nutrisi jiwa" (mengingat kematian/akhirat dan muhasabah/evaluasi diri), dan "nutrisi sosial" (dakwah dan amal shaleh, berbagi/menebar manfaat bagi sesama, dalam kondisi suka dan duka, lapang dan sempit). In sya Allah menjadi manusia muslim yang dicintai Allah.

Aamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar